Tuesday, December 26, 2006

tipe pemimpin

dari pengalaman2 yg kita peroleh di lingkungan kerja, ternyata ada beberapa tipe pemimpin yg dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis, masing2 tipe tsb ternyata sangat mempengaruhi jalannya pekerjaan serta memberikan warna kepada kelompoknya, masing2 juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. mari kita lihat satu persatu.

1. boss besar
ini pemimpin yg menentukan segalanya, dia yang punya perusahaan, kalau ga ada dia perusahaan ga jalan, yg jalan orang bukan sistem. kelebihannya keputusan bisa cepat diambil kalau dia ada, tapi kalau nggak ada dia ya semuanya nunggu.

2. boss kecil
ini pemimpin yang dipercaya atau merasa dipercaya boss besar, sebetulnya keputusannya tidak terlalu menentukan, tapi dia bisa mempengaruhi keputusan boss besar, ibarat buntut layangan, kemana layang-layang itu terbang dia akan mengekor dibawahnya. kondisi ini kadang2 bisa kita manfaatkan untuk mempengaruhi boss besar untuk membuat keputusan sesuai dengan keinginan kita.

3. the good guys
pemimpin seperti ini cenderung untuk menjadi orang baik, dia tidak mau menjadi orang jahat, hampir semua keinginan anak buahnya diikuti, tidak mau memberikan sanksi terhadap kesalahan anak buahnya. suasana kerja adem ayem tidak ada gejolak apapun, tetapi banyak terjadi precedent buruk karena sering terjadi pembiaran2 sehingga kejadian berikutnya akan sulit untuk diambil tindakan.

4. the bad boys
pemimpin ini memang sudah nasibnya memperoleh peran penjahat, dia bertanggung jawab terhadap kedisiplinan dan penegakan aturan, pelaksanaan kerja sesuai standard operating procedure, sehingga banyak tidak disukai orang karena sifat pekerjaannya, resiko pekerjaan, perusahaan berjalan sesuai s.o.p., tapi harus hati2 caranya, tegas bukan berarti kasar, kalau tidak karyawan bisa berontak.

5. no action talk only
pemimpin ini pandai sekali bicara, paling cocok di marketing, kalau ditempatkan di operasional ngga cocok, karena dia cuma pandai bicara saja tapi tidak tahu bagaimana melakukannya. orang ini bisa menjadi kandidat pemimpin karena hubungannya yang luas serta komunikasinya yang bagus dengan semua orang, kalau dia juga tahu bagaimana menjalankannya.

6. no talk action only
pemimpin ini pekerja keras, jarang berbicara, tidak banyak relasi, pekerjaan yg menjadi tanggung jawabnya selalu beres, tapi tidak banyak tampil, sering berada di belakang layar, orang ini cukup disegani oleh kolega maupun anak buahnya, punya paradigma salah tentang komunikasi, tidak suka menjilat, tetapi pemimpin seperti ini sulit meningkat karirnya karena sering tidak tampak oleh orang lain.

7. GM
pemimpin ini lebih sebagai hiburan untuk orang lain, selalu menyenangkan anak buah, teman2, maupun bossnya, kalau ada dia suasana selalu segar, pekerjaannya so2 saja, sering diandalkan untuk entertaint customer maupun tamu, makanya dijulukin GM, sering deal diperoleh pada saat2 entertaint, sangat cocok di marketing, tapi sama dengan tipe nato, tidak cocok di operasional.

8. si pengangkat telur
orang ini suka mengangkat telur boss-nya, suka menjilat-jilat, hati2 dengan orang seperti ini, jawabannya cenderung hanya menyenangkan orang lain, dia suka bermain, dia bisa menjatuhkan teman untuk kepentingannya sendiri, namun pada saat yg tepat orang seperti ini mudah sekali dijatuhkan.

9. tenaga besar nafsu kurang
pemimpin ini punya potensi sangat besar, namun sayangnya ruang geraknya sempit, sehingga tidak bisa berbuat apa2, sebetulnya kalau perusahaan mampu mengoptimalkan dan men-support orang2 seperti ini maka perusahaan akan berkembang lebih baik, tapi kalau perusahaan tidak tahu cara memanfaatkannya maka perusahaan akan kehilangan dia.

10. the legend
pemimpin ini selama-lamanya menjadi legenda, dikenang banyak orang karena kepemimpinannya, selalu diingat dan dibicarakan, selalu dipakai sebagai contoh dan perbandingan, dia adalah orang yg selalu sukses mencapai targetnya, orangnya tegas tetapi sangat bijak, punya perhatian terhadap semua orang, tidak menyelewengkan jabatannya, terlalu ideal, jarang ada, tetapi ada dan pernah kita temui orang seperti ini.

aku termasuk tipe pemimpin yang mana?

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home