Wednesday, August 02, 2006

kerja sama

bulan kemarin di site ada pergantian pimpinan disana, yg lama pergi yg baru datang, sebetulnya itu hal yg biasa, pergantian itu bukanlah merupakan hal yg luar biasa, bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan siapa saja, satu orang berhenti, diganti oleh orang lain, perubahan selalu terjadi, tidak ada yg kekal, berhenti adalah hak semua orang, tidak ada yg bisa melarangnya, perusahaan mungkin hanya bisa minta untuk tetap stay, dicarikan jalan masuknya *bukan jalan keluarnya*, tapi kalau ybs tetap mau keluar, apa boleh buat, harus dicari penggantinya.

mengapa orang mau keluar? itu pertanyaan yg harus dijawab. kalau jawabannya kompensasi yg lebih besar sebetulnya relatif sekali, yg namanya pindah kerja itu kurang lebih saja, mungkin ada lebihnya tapi pasti ada kurangnya, mungkin itu penting tapi bukan itu alasan utamanya. kondisi pekerjaan & lingkungan biasanya menjadi salah satu faktor penyebab. hubungan dengan teman, kolega, atasan, dan bawahan juga menjadi penentu seseorang akan tetap tinggal di satu perusahaan atau tidak.

kondisi pekerjaan & lingkungan sangat menentukan, fasilitas dan sarana kerja yg mendukung kelancaran pekerjaan sangat penting, bagaimana orang bisa bekerja dengan baik kalau sarananya tidak mendukung, bahkan tidak hanya sarana kerja, sarana untuk melakukan kegiatan lain diluar pekerjaan utama juga sangat penting, supaya orang bisa bekerja dengan nyaman serta istirahat dengan nyaman pula, terutama di lapangan, semuanya harus disediakan, mulai dari bangun tidur, mandi, makan, berangkat kerja, kerja, pulang kerja, mandi, makan, tidur lagi, demikian seterusnya.

seseorang juga harus disupport secara penuh dari atas, dari samping, maupun dari bawah untuk bisa bekerja secara optimal, atasan harus mensupport bawahannya, kepercayaan yg sudah diberikan harus benar2 diberikan secara penuh tidak bisa setengah2, tidak bisa kalau kepalanya saja yg dilepas tetapi ekornya tetap dipegang, sama saja tidak bisa kemana-mana, ruang gerak menjadi sempit. sesama kolega juga harus selalu saling mendukung, dengan komunikasi dan koordinasi, semuanya saling terkait, tidak ada yg lebih penting dari yg lain, semuanya penting dan saling membutuhkan satu sama lain. bawahan juga harus bekerjasama untuk mencapai target yg telah ditentukan perusahaan, bagaimana cara mencapai target akan lebih banyak ditentukan oleh pimpinannya, pemilik perusahaan dalam hal ini seringkali hanya berorientasi pada hasilnya saja, sedangkan proses akan lebih banyak ditentukan di lapangan tentunya.

itu semua membutuhkan kerjasama. bukan "dikerjain sama2" atau "work together", tapi kerjasama atau teamwork, setiap orang didalam satu team mempunyai tanggung jawab dan wewenang masing2, yang terkait dengan orang lain, tidak ada yang lebih penting dari yang lain melainkan semuanya penting, yang mesti berkoordinasi dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama. sepintar apapun seorang pemimpin, kalau tidak ada kerjasama didalam team tersebut, maka tujuan yang telah ditentukan tidak akan pernah tercapai, ibarat seorang bintang sepakbola yg tidak bisa bermain sendiri untuk mencetak goal, tanpa kerjasama team yang baik.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home